Sabtu, 24 September 2016

Cara Menjaga Kecerdasan Otak

cara menjaga kecerdasan otak
Otak merupakan organ yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Otak mampu membuat manusia hidup dan berpikir sesuai dengan keinginannya. Dalam kehidupan, otak memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sosial, agama, dan segi hidup lainnya dalam hal pengambilan keputusan atau penyaring informasi. Oleh karena itu, Anda perlu untuk menjaga kecerdasan otak hingga usia senja nanti.

Beberapa cara sederhana untuk menjaga kecerdasan otak Anda selama mungkin. Salah satu cara untuk tetap menjaga otak agar tetap cerdas adalah dengan membaca. Membaca memiliki manfaat untuk mempertajam pikiran dan memori. Sebuah penelitian mengenai otak menyebutkan jika membaca dapat mengurangi penurunan fungsi otak atau demensia hingga 50%. Anda dianjurkan untuk membaca buku setidaknya setengah jam setiap harinya.

Selain membaca, Anda bisa menjaga kecerdasan otak dengan bermain puzzle atau games lainnya. Menurut sebuah studi dalam Archives of Neurology, bermain games dapat membuat Anda terhindar dari penyakit Alzheimer. Selain itu, bermain games mampu meningkatkan kreativitas, memori, dan kemampuan pengambilan keputusan.

Kemudian cara selanjutnya untuk menjaga kecerdasan otak adalah dengan menulis. Sebuah studi dari Journal of Cognitive Neuroscience menunjukkan tulisan tangan membantu merangsang area otak yang berhubungan dengan pemikiran, bahasa, dan memori. Tak hanya itu, menulis juga meningkatkan kreativitas Anda mengalir.

Cara yang paling ampuh untuk menjaga kecerdasan otak Anda adalah dengan membiasakan tidur yang cukup. Disaat tidur, otak memiliki kesempatan untuk bersantai dan memproses segala sesuatu yang Anda lakukan dan pelajari hari itu. Tidur yang cukup bisa membuat kecerdasan otak atau memori tersimpan dengan baik. Jadikan tidur anda, tidur yang berkualitas dengan tidur yang dianjurkan 7 - 8 jam.

0 comments

Posting Komentar